Perjalanan religi Manusia paling bahagia di dunia?

Cerita Singkat religi yang dikutip dari Kaji Edan, sengaja dipilih disamping karena kisah nyata disampaikan dengan gaya yang santai dan lucu bikin segar dan betah bacanya. Cerita pengalaman hidup Kaji Edan ini memenuhi kriteria sehingga ditampilkan di Blog ini. Nah sobat semua silahkan ikuti ceritanya, renungi perjalannya dan rilex, semoga terhibur dan terinspirasi dengan cerita singkat ini:
Terimakasih untuk Kaji Edan, yang mengijinkan karyanya dikutip dan dishare @HumorSingkat... lain waktu sowan lagi ke Kapling yah Ji, nge-cek isi lemari masih merah ga isinya...Haaa..ha.aa!

Mbah-mbahku Islam tulen..
Mbahku 'Aminah' guru Muhammadiyah..
Mbuh (entah) kenapa.. tahun 1965, mbahku kakung 'Pak-Aminah' dibunuh oknum 'Masyumi', katanya dibuang di-'Luweng Ombo' Gunung Kidul..

Bersamaan dengan peristiwa itu..
mbahku kakung dari ibu juga 'di-dor' dan dihanyutkan di kali Progo.
Mbuh karena apa mereka itu 'dibunuh'.. yang jelas beberapa orang tua di kampungku sering nyebut aku sebagai cucunya E'.. A'.. I

Alhasil..
2 orang mbahku jadi janda..
mbah 'Aminah' dengan 12 anaknya..
mbah 'Danu' dengan 8 anaknya..

Mbuh karena kesadarannya sendiri..
Mbuh karena dendamnya kepada yang namanya 'Masyumi'
Mbuh karena himpitan ekonomi..
Mbuh karena rayuan..

yang jelas..
Mbah 'Aminah' sak anak-anake kabeh (semua) masuk Kristen..
Mbah 'Danu' sak anak-anake kabeh masuk katolik..

maka 'Kaji Edan'pun terlahir dalam Kristus..
ikut sekolah minggu..
ikut ke gereja kristen..
pernah diajak ke greja katolik..
Raport SD-pun otomatis tulisannya.. agama Kristen..

Pas kelas 6..
Kebetulan guru agama Kristen 'bu Narini' penataran beberapa bulan..
Mbuh kenapa waktu itu aku minta ijin guru agama islam 'Bu Pram' yang kebetulan ternyata masih saudara dengan Simbah 'Aminah' untuk ikut pelajaran agama islam dari pada nganggur..

Kesan yang saya tangkap waktu itu..
Pelajaran agama kristen disampaikan dengan penuh kedamaian..
berdamailah.. sayangilah.. kasihilah.. ampunilah.. cintailah..
tanpa..atau mungkin jarang menggunakan kalimat 'Dilarang.. or Berdosa..'

sehingga kita ini bisa menerimanya dengan seneng, aman, tentram dan sejuk..
otomatis.. dengan kondisi seperti itu.. saya yakin 90% pelajaran terserap dan terekam..
bahkan tekan saikipun masih buanyaak hal-hal yang masih nenpel di benak saya..
(aku kawatir..jangan-jangan nilai-nilai kemanusiaan, kasih sayang, 'loma'.. yang ada pada saya, saya dapatkan dari pelajarannya bu 'Narini'..)

Kalo’ Pelajaran Agama Islam (ini yang tak ikuti waktu itu lho..)
nggak ngerti apakah waktu itu pelajarannya.. atau karakter bu 'pram'.. yang jelas kesan yang tak dapatkan waktu itu.. Serem.. Medeni.. dikit-dikit dosa.. dikit-dikit masuk neraka.. Gini salah Gitu salah.. Yang masuk surga cuman wong Islam.. Aku trus mikir.."Mosok iya orang sebaik dan semulia ibu 'Narini' ngga masuk surga??" Kalo’ yang masuk surga orang Islam thok.. sepi dong surga..??

Oh yaa..Waktu itu aku malah dapat kesempatan mempelajari, ngapalkan dan mengomongkannya di depan kelas.."Rukun Islam & rukun iman"

Pas waktu itu Bapakku mungkin sedang kritis keuangannya..
jadi kita sekeluarga pindah kontrakan dari 'Jokteng' di tengah kota Yogya, pindah ke 'Patukan' desa 5 km barat yogja.. dan Karena kebetulan sedesa beragama Islam semua.. jadi 'terpaksa' Kaji Edan Cs agak 'dikucilkan' sama anak2 desa tersebut..

Pada suatu malam semua anak-anak kecil desaku pegang obor lari-lari ke mushola..katanya mau malam takbiran.. (kalo ngga salah waktu itu Idul Fitri). Otomatis Naluri kekanak-kanakanku muncul..Motong bambu.. isiin minyak tanah.. dinyalain..trus ikut lari.."

Tapi betapa kecewanya sampai mushola..
hampir semua anak melarang saya masuk barisan sambil pada ngomong..
“ngga boleh…kamu kan Kristen..ini yang boleh ikut cuman anak-anak islam..”

Aku dan adiku Pungki balik ke rumah sambil menahan nangis..
akhirnya kami berdua duduk di depan rumah masih tetep pegang 'obor' sambil memandangi rombongan-rombongan 'obor' yang liwat.. sambil sesekali aku dengar ada anak yang nyletuk, "Weh.. itu kan anak Kristen thoo.. koq pegang 'obor’..??"
Ada pula yang teriak,"Kalo’ mau takbiran besuk tgl 25 Desember aja..ha..ha..!!!"

Akhirnya.. aku ama Pungki sepakat.. "Mulai besuk malam kita ikut pengajian aja.. biar taon depan boleh ikut takbiran.." Dan setelah ikut pengajian di mushola kampung kami..kemudian terkabulah cita-cita kami berdua.. ternyata nggak sampai setahun ada Takbiran lagi..dan aku boleh ikut.. (kalo’ ngga salah Idul Adha sepertinya)

Jadi Insya Allah kalo' saya nggak salah ingat..
Awalnya saya masuk Islam hanya karena pingin ikut takbiran..
dan ketika masuk SMP pun saya ndaftarnya pake agama Islam sampai sekarang..

Trus saya blajar baca Qur'an.. walau tidak sampai katam..tapi bisa mbaca..
Pada akhirnya.. saya putuskan baca Qur'an.. tapi terjemahannya thok aja..
Pada waktu memutuskan itu yg ada dibenakku adalah..
Lebih baik mbaca, ngerti dan mencoba mengamalkannya..
dari pada bisa nyanyi lagu Jepang tapi ngga ngerti artine dan tidak menjiwainya..

Setelah membacanya.. Bagi 'Kaji Edan'..
"Ooo.. ternyata yang paling penting itu 'Habluminannas' atau hubungan horisontal kita kepada sesama manusia.. kalo 'HabluminAllah' itu ‘hanya dan hanya’ urusanku dengan Allah.."
Sekali lagi..ini hanya dan hanya Subyektif lho..dan bahkan sangat-sangat subyektif..

Makanya selama ini Kaji Edan tidak pernah berusaha nyenggol-nyenggol dalil-dalil, hukum-hukum, pendapat-pendapat ataupun aliran-aliran apapun..
Yang penting Kaji Edan nyambut gawe..golek dhuit..iso ngamal..
Bahkan salah satu do'a rutinnya Kaji Edan yang selalu dibaca setiap saat kuwi sbb:
"Ya Allah..Limpahkanlah Rahmatmu..Hidayahmu..dan rejekimu pada keluarga kami..agar bermanfaat untuk orang-orang sekeliling kami.."

Dan Alhamdulillah sampai sekarang kesampaian..
dan oleh karena janji kaji Edan kepadaNya..
Insya Allah lebih dari 40% incomenya untuk orang lain..

Yang Aku masih bingung adalah..
Kenapa sampai saat ini Kaji Edan diberi kesempatan olehNya bisa menjalankan ibadah haji dua kali..?? dan Gratiiis..!!

Nah makanya aku memberanikan diri nulis..
"Alhamdulillah..Akulah manusia ter-bahagia di dunia.."
Amiiiiiin..

Catatan:
Mbah Danu tgl 31 juli ini genap berusia 80th dan skr beliau masih aktif jualan kain di pasar mBringharjo. Aku rayakan gedhe-gedhean sebagai ucapan syukur dan terima kasih saya kepada 'TUHAN KAMI'karena 'BAPA KAMI DISURGA' telah memberikan rahmat-Nya ke simbahku..
Oleh karenaNYa maka di saat ini.. ada 'Kaji Edan' yang merasa paling bahagia di dunia..


Source: Kaji Edan

     

Reactions: 

Related

Berita 1744384918479247697

Posting Komentar Default Comments

Follow Us

DP BBM GIF kumpulan DP BBM terbaru, DP bergerak, BBM Animasi gambar foto DP BB lucu, kocak ori bukan copas.

Ucapan Idul Adha 2018

Terbaru

Singkat lucu

Humor Singkat selalu menyajikan humor-humor pendek, singkat dalam bentuk cerita lucu, gambar kocak, animasi dan video singkat.
Kepinginnya sih agar saat membaca dan menontonnya enggak bikin ribet dan cepat menikmatinya serta bisa tertawa, ngakak secara lepas tanpa beban.
Jika ada masukan dan saran silahkan sampaikan dikolom kontak, via Facebook atau Twitter.
Semoga sobat semua dapat terhibur dan bisa tertawa lepas minimal mesem-mesem dengan konten yang ada di blog kami.
Salam Humor....

Total Tayangan Halaman



item